Yuk Kirim Ucapan Kartu Lebaran untuk Keluarga, Saudara dan Teman nan jauh disana


Kartu Lebaran adalah kartu ucapan selamat merayakan Idul Fitri (Lebaran) yang dikirimkan kepada relasi, teman, dan sanak-saudara. Kartu Lebaran biasanya berhiaskan tema keagamaan seperti gambar masjid, beduk, dan ketupat. Pengiriman kartu lebaran melalui kantor pos biasanya mulai ramai dua minggu sebelum Lebaran.

Kartu lebaran yang dikirim melalui jasa pos mendapat saingan berat dari situs web yang menyediakan kartu Lebaran elektronik, MMS dan pesan singkat melalui telepon genggam. Kartu Lebaran termurah ditambah biaya perangko masih lebih mahal dibandingkan tarif SMS.

Sejak sepuluh tahun lalu, fungsi yang lazimnya dikerjakan kartu Lebaran ini, kini beralih menjadi pesan pendek atau SMS, pesan instan melalui ponsel cerdas BlackBerry, dan lewat berbagai jejaring sosial, seperti Facebook dan Twitter.
Alternatif selain kartu Lebaran ini, sekarang menjadi tumpuan untuk berkirim ucapan dengan harga yang terjangkau.

Director and Chief Commercial Officer Indosat, Erik Meijer, tak menampik adanya tren baru tersebut, terutama di wilayah perkotaan. “Sekarang banyak yang menggunakan BBM atau WhatsApp, juga jejaring sosial untuk menyampaikan ucapan selamat puasa dan Lebaran,” ujarnya.

Operator lain juga berlomba menghadirkan promo yang berkaitan dengan penggunaan data. Telkomsel, misalnya, menghadirkan beberapa paket komunikasi layanan data, misalnya paket promo Opera Mini, WhatsApp dan LINE. Sedangkan Indosat mengiming-imingi pelanggannya dengan bonus layanan data, SMS, dan telepon setiap pengisian pulsa minimal Rp 10 ribu.

Meski terdapat tren penggunaan layanan data, hal ini tidak menggusur kegunaan SMS secara signifikan. Operator memperkirakan penggunaan layanan ini tetap melonjak hingga ratusan persen sepanjang Lebaran.

PENGGUNAAN kartu ucapan Lebaran digeser kecanggihan teknologi telekomunikasi. Namun, masih ada masyarakat yang mengirimkan kartu ucapan Lebaran pada rekan bisnis.

Dulu, rata-rata setiap orang membeli kartu Lebaran dan dikirimkan kepada teman serta kerabat. Tapi kini, keberadaan kartu Lebaran tak sepenting dulu lagi. Orang lebih memilih mengirimkan ucapan Lebaran melalui pesan singkat SMS atau pesan BlackBerry.

Kartu Lebaran memang tak seperti dulu lagi. Namun seorang karyawan swasta Boy Lukito masih menggunakan kartu Lebaran untuk kliennya. Menurutnya, penggunaan pesan singkat justru membuat ucapan itu tak bersifat personal.

Namun kini mulai terlihat kartu Lebaran mulai populer kembali. Pengguna kartu Lebaran mengakui bahwa kartu Lebaran mampu menyampaikan rasa hormat pengirimnya. Beberapa hari terakhir, kesibukan di Kantor Pos Besar Jakarta terus meningkat. Para petugas melayani para pelanggan pos mengirim kartu-kartu Lebaran.
Jumlah pengiriman kartu Lebaran beberapa tahun terakhir, ternyata cenderung meningkat. Untuk musim Lebaran tahun ini, sudah tercatat 820.000 lembar kartu. Bila berkaca pada tahun 2011, angkanya bisa mencapai sekitar 1,4 juta lembar.

Sekarang, berkembang anggapan di antara para pelanggan kantor pos, baik perorangan maupun perusahaan, bahwa kartu Lebaran memberi sentuhan pribadi lebih baik dibandingkan dengan surat-surat elektronik. Kartu Lebaran, bisa menyampaikan sebentuk estetika dan rasa hormat pengirimnya.

Meski dibandingkan dengan situasi beberapa tahun lalu, ketika surat elektronik seperti e-mail, facebook, atau sms belum populer, jumlah pengguna kartu Lebaran telah jauh sekali berkurang. Di tahun 98 misalnya, kantor pos harus mengirim puluhan juta lembar kartu Lebaran hingga terpaksa menambah tenaga sortir. Tapi di tahun 2001, pengiriman kartu Lebaran anjlok hingga 4,2 juta lembar.

Jarak saat ini bukanlah hal yang menjadi kendala yang berarti. Ada banyak cara yang kita tempuh untuk memberikan ucapan selamat. Saat ini kita mengenal sistem sms, mms, email, sampai jejaring sosial seperti FB, Twitter, YM bisa kita manfaatkan fitur-fiturnya untuk mengirimkan ucapan selamat.

Namun, ada satu cara lagi yang dapat Anda gunakan. Jangan lupakan fungsi kartu ucapan. Meski terkesan kurang praktis dan cepat, kartu ucapan bisa Anda jadikan alternatif pilihan.

Desain Kartu Ucapan Lebaran

Kartu ucapan saat ini tampil dengan desain dan fungsi yang bermacam-macam. Ada kartu ucapan khusus hari raya, pernikahan, ulang tahun, hari jadi pernikahan, dan sebagainya. Yang paling sering digunakan adalah kartu ucapan lebaran. Bedanya kartu lebaran dengan kartu ucapan lainnya terletak pada desain dan bentuk gambar yang digunakan, serta rangkaian kata-kata khusus hari raya.

Kartu lebaran bentuknya bervariasi. Ada yang ukuran besar, sedang bahkan kecil. Kartu-kartu ini didesain semenarik mungkin dengan bermacam gambar dan warna. Bila Anda sedikit kreatif, bisa memilih kartu ucapan lebaran yang polos tiada rangkaian kata. Sehingga Anda bisa menuliskan sendiri kata-kata apa yang akan Anda gunakan, jadi tidak monoton yang tertera di kartu ucapan dari desainnya saja.

Harga kartu lebaran pun cukup variatif. Tergantung dari ukuran dan bentuk kartu ucapan. Rata-rata kartu ucapan lebaran berkisar Rp3000,- hingga Rp15.000,-, cukup terjangkau, bukan? Kartu ucapan lebaran biasanya banyak diproduksi ketika menjelang hari raya umat Islam itu dirayakan.

Kartu Ucapan Lebaran Lebih Berkesan dari SMS Ucapan Lebaran

Biasanya satu atau dua bulan sebelum hari raya, kartu ucapan lebaran sudah beredar. Anda pun tidak perlu harus ke kantor pos untuk mendapatkan kartu ucapan lebaran. Di toko-toko buku terdekat juga banyak menyediakan kartu-kartu ucapan lebaran. Anda tinggal memilihnya saja.

Ada yang berpendapat bahwa mengirimkan kartu ucapan lebaran tidak sepraktis mengirim sms atau pun mms, yang hanya memelukan waktu beberapa detik saja. Namun, kartu ucapan tidak kalah berkesan bagi yang menerimanya.

Tulisan tangan Anda yang tertera di kartu ucapan lebaran, akan memberikan kesan yang mendalam bagi yang membaca dan menerimanya, dibandingkan dengan tulisan yang ada di sms atau mms. Tulisan tangan Anda bisa menjadi wakil diri Anda yang tidak bisa memberikan ucapan secara langsung.

Kartu lebaran identik dengan gambar ketupat atau masjid. Tak jarang gambar kartu yang disuguhkan berupa pawai memukul bedug, orang yang sedang berjabatan tangan, bahkan perjalanan ketika akan mudik.

Kartu lebaran juga tidak melulu diperuntukkan bagi orang dewasa, untuk para remaja dan anak-anak juga bisa mendapatkan desain kartu lebaran yang sesuai dengan dunianya. Tak heran bila kita sering menemukan kartu ucapan lebaran bergambar kartun anak-anak dan remaja berada di sekitar mesjid.

Meski saat ini kartu lebaran sudah jarang digunakan, bukan berarti kita tidak membutuhkan jasa kartu ucapan ini lagi. Ditambah dengan adanya jasa kirim kilat atau pos yang tidak memakan waktu hingga berhari-hari, cukup satu-dua hari, kartu lebaran Anda akan tiba di alamat yang dituju. Ada baiknya mengirimkan kartu lebaran jauh-jauh hari sebelum hari raya tiba.

Jika dahulu kartu lebaran berbentuk art kartun, kini sudah berubah menjadi bentuk foto. Dengan kehadiran program photoshop dan corel draw sehingga model dan bentuk kartu lebaran pun mengalami perubahan. Kartu lebaran berbentuk foto acapkali ditemukan di instansi-instansi pemerintahan atau swasta.

Bila Anda tidak pandai mendesain kartu lebaran dengan menggunakan program photoshop ataupun corel draw, Anda jangan putus asa. Ada dua situs yang memberikan secara gratis model kartu lebaran dalam bentuk foto. Anda tinggal mendownloadnya, setelah itu bawa ke toko ponsel yang bisa mencetak foto atau ke foto studio untuk diprintkan kartu lebaran dalam bentuk foto yang telah Anda download.

Di setiap kartu lebaran terdapat tulisan, “minal aidin wal faizin”. Menjadi pertanyaan, kenapa kata ini mesti ada? Kata ini mengandung makna yang luar biasa. Ia mengandung doa yang cukup spektakuler. Doa yang diharapkan setiap muslim. Kata “Aidin” mengandungkan makna kembali. Kembali di sini adalah kembali bebas dari dosa. Orang yang merayakan idul fitri adalah orang melaksanakan ibadah puasa  di bulan Ramadhan.

Intinya, artikel seputar kartu ucapan lebaran dan kajian sederhana tentang kata yang terdapat di dalamnya. Siapa pun sepakat bahwa kartu lebaran tetaplah penting digunakan, meski dengan model terbaru dalam bentuk foto. Karena ia bisa dijadikan kenang-kenangan bahwa ada saudaranya yang senantiasa ingat kepadanya dan selalu berusaha membangun hubungan baik melalui kartu lebaran tersebut.

Kartu Ucapan Lebaran yang Semakin Terlupakan

Masa lebaran adalah masa panen bagi para pembuat kartu ucapan lebaran. Tapi itu dulu. Dulu sekali. Seakan-akan hal tersebut terjadi pada masa prasejarah. Kini dengan merajarelanya telepon genggam dan internet, kartu ucapan lebaran itu hampir tinggal kenangan. Keadaannya mungkin sedang mati suri.

Para pengguna kartu ucapan lebaran kini mungkin hanya orang-orang tertentu, misalnya, perusahaan yang mengirim parsel, kantor-kantor yang membuat kartu ucapan lebaran khusus untuk setiap karyawannya yang beragama Islam, dan orang-orang yang masih memiliki perasaan untuk membuat kartu ucapan lebaran khusus untuk orang-orang tertentu yang sangat istimewa dalam hidupnya.

Walaupun begitu, rasanya tidak ada salahnya untuk mencoba memasyarakatkan penggunaan kartu ucapan lebaran lagi. Modal memang lebih besar dibandingkan hanya mengirim sms atau email kepada semua kolega, relasi, dan sanak saudara.

Bayangkan, bila harga satu kartu ucapan lebaran yang sangat standar Rp2500 – Rp 3000, berapa rupiah yang dikeluarkan untuk mengirim ke 10 orang? Bagi para pelajar atau mahasiswa, dana sebesar itu cukup sulit untuk dikeluarkan.

Jangan dikata untuk kartu ucapan lebaran yang berkualitas sangat baik, seperti dari kertas daur ulang dengan ornamen yang sangat menarik mata, harganya bisa mencapai Rp10.000 – Rp15.000 per buah.

Kartu ucapan lebaran yang terbuat dari kertas film dengan ukiran nan indah, harganya bisa mencapai Rp12.000 per buah. Belum lagi prangko yang dipakai. Satu kartu ucapan bisa menelan biaya sebesar Rp4000 – Rp17.500.

Kartu ucapan lebaran yang semakin langka itu akan memberikan sensasi yang berbeda bagi para penerimanya. Keadaan yang semakin langka dengan kesempatan yang langka pula. Menerima kartu ucapan lebaran akan membuat penerimanya menjadi orang yang sangat istimewa.

Jadi, bila semua peluang terbuka, luangkanlah waktu memilih atau mungkin membuat sendiri kartu ucapan lebaran yang bagus untuk para sahabat yang baik dan yang sangat dekat di hati.

Ucapan dalam kartu itu bisa dibuat dengan sangat pribadi dengan sentuhan seni yang bagus. Seharusnya kartu ucapan lebaran itu bisa dibuat dari bahan-bahan sederhana yang banyak ditemui di sekitar kita, contohnya:

  • Masukkan kartu ucapan lebaran ke dalam gelas plastik minuman mineral yang sudah dicat dan dilukis dengan gambar hewan-hewan favorit, seperti, kupu-kupu, poh (beruang lucu), lebah, dan sebagainya. Kartu ucapan lebaran ini cocok untuk para keponakan Anda. Mereka pasti senang dan mungkin juga akan meniru apa yang sudah Anda lakukan kepada mereka.
  • Kertas bekas kalender apalagi dengan gambar-gambar pemandangan yang menawan bisa dipakai sebagai latar belakang kartu. Tambahkan pita kecil atau ornamen lainnya di sekelilingnya. Lalu tulisi dengan menggunakan spidol khusus yang mudah kering. Tambahkan glitter untuk membuat kartu terlihat lebih wah. Bila perlu perciki dengan parfum yang lembut untuk menambah keistimewaan kartu tersebut. Kartu ini cocok untuk sahabat lama Anda yang sudah lama tak bertemu yang tinggal di luar kota.
  • Laminating kartu dengan plastik lembut, masukkan kartu ke dalam botol bekas parfum. Hias botol dengan kertas atau pita khusus yang berwarna-warni. Beri pengikat dan bungkus. Kartu nan unik ini akan menambah kesyahduan ucapan lebaran Anda kepada para sahabat dekat Anda.

Semoga bermanfaat.

Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Kartu_Lebaran
http://www.metrotvnews.com/ramadan/newsvideo/2012/08/10/157088/Kartu-Lebaran-yang-Tersingkirkan/6
http://www.solopos.com/2012/feature/belajar-mengirimkan-kartu-lebaran-317850
http://berita.liputan6.com/read/428410/kartu-lebaran-kembali-populer

Perihal dzumanji
Tinggal di pinggiran kota Jakarta, keseharian bekerja, belajar dan menjalani hidup. "Seseorang yang tidak pernah membuat kesalahan sebenarnya tak pernah mencoba sesuatu yang baru" Einstein tak pernah takut dengan kesalahan. Tak perlu alergi dengan kesalahan. Catat baik-baik, KESALAHAN bukan KEGAGALAN. Dua hal tadi berbeda. Kesalahan-kesalahan dapat membantu Anda menjadi lebih baik, lebih cepat, lebih cerdas. "jika Anda menggunakannya dengan tepat tentunya". Carilah sesuatu berbau baru “something new“ dari kesalahan Anda. Seperti sudah dibilang sebelumnya, jika ingin sukses, belajar lebih banyak dari kesalahan Anda. Jika anda percaya sesuatu itu tidak mungkin,pikiran anda akan bekerja bagi anda untuk membuktikan mengapa hal itu tidak mungkin.akan tetapi jika anda percaya,benar-benar percaya,sesuatu dapat dilakukan,pikiran anda akan bekerja bagi anda dan membantu anda mencari jalan untuk melaksanakannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s