Perhatikan Sebelum Memarkirkan Kendaraan Anda !


Aman, Nyaman dan Selamat, mungkin itu yang kita butuhkan dimanapun dan kapanpun kita berada. Tak, hanya diri kita saja yang membutuhkan kata-kata yang seperti itu, akan tetapi barang milik pribadi kitapun sangat membutuhkannya. Seperti halnya kendaraan kita, baik sepeda motor maupun mobil.

Sedia payung sebelum hujan, suatu kalimat yang ringan akan tetapi penuh makna. Tentunya tidak sulit  untuk mewujudkan kata Aman, Nyaman dan Selamat pada kendaraan yang kita pergunakan. Ada banyak cara dan upaya agar kata-kata tersebut dapat terealisasikan dalam keseharian kita dan  terhindar sesuatu hal yang tidak kita inginkan, seperti halnya pencurian. Berikut beberapa tindakan yang harus diupayakan sebelum memparkirkan kendaraan anda.

1. Selalu perhatikan kendaraan anda. Pilihlah tempat parkir kendaraan yang aman, terutama yang memiliki ijin resmi sebagi tempat parkir dan ada penjaga keamanan.

2. Parkir di tempat yang mudah diawasi. Jika memarkir kendaraan di depan rumah baik rumah sendiri atau rumah orang lain serta di tempat umum, sebaiknya parkir di tempat yang mudah terlihat dari dalam. Serta pasang mata dan telinga jangan sampai lalai karena pencuri kendaraan hanya butuh kurang lebih satu menit untuk menggasak kendaraan Anda.

3. Jika Anda memilih memarkir sepeda motor di dalam garasi rumah, blokir motor anda dengan mobil. Setelah itu, tutup pintu garasi dan pastikan semua dalam kondisi terkunci.

4. Pasang alarm di kendaraan anda. Hal ini memang membutuhkan biaya lebih, tetapi berguna untuk jangka panjang.

5. Ketika akan bepergian dan menginap di sebuah hotel atau losmen, carilah parkir yang termasuk dalam jangkauan kamera CCTV. Jika tidak memungkinkan, parkir kendaraan anda dekat dengan kamar atau petugas keamanan.

6. Waspada terhadap Mobil Boks, Pickup dan Truk yang berada di samping motor. Dari beberapa kasus yang terjadi, pelaku curanmor menggunakan jenis mobil-mobil tersebut yang parkir di samping atau sekitar parkiran motor. Pencuri sepeda motor dapat dengan cepat menggotong motor dan membawa kabur.

7.  Jika bepergiaan dengan pengendara lain, kunci kendaraan anda secara bersamaan ketika tidak digunakan. Jika berkendara sendiri, kunci kendaraan anda ke tempat yang aman, dan tidak dapat dibongkar seperti di tiang lampu/tiang listrik.

8. Jangan lupa untuk mengunci motor dan simpan kuncinya. Sebagian besar pencurian motor terjadi ketika kontak pada posisi off, tetapi motor dalam kondisi stang tidak terkunci.

9. Amankan barang bawaan anda. Hati-hati juga dengan barang bawaan anda semisal helm jaket jas hujan, laptop, tas. Titipkanlah di tempat penitipan barang jika dilokasi tersebut tersedia tempat penitipan barang. Karena hal tersebut bisa menarik perhatian pencuri mendatangi kendaraan anda.

10. Untuk Sepeda Motor, Kunci garpu depan atau cakram dengan kunci yang besar dengan warna yang mencolok.

11. Jangan simpan SIM, STNK, KTP, BPKB atau surat-surat penting anda di bagasi. Tempatkan surat-surat tersebut kedalam dompet atau tas bawaan anda. Tempat teraman untuk menyimpan BPKB adalah di rumah.

12. Pastikan SIM, KTP dan STNK serta kartu asuransi ada dan lengkap, pada saat anda anda akan berkendaraan.

13. Beri tanda unik dan ambil gambar kendaraan anda. Jika pencuri mengambil kendaraan anda, tunjukkan tanda unik dari kendaraan anda ke kepolisian dengan menggunakan foto tersebut.

14. Periksa Motor Sebelum Meninggalkan di Tempat Parkiran. Periksalah kunci kontak Anda dan simpan kuncinya sebelum meninggalkan tempat parkiran. Karena kebanyakan pencurian motor terjadi ketika kontak pada posisi off tetapi motor dalam kondisi tidak terkunci.

15. Membina hubungan baik dengan petugas parkir dan tetangga. Untuk lebih aman, jika parkir di tempat yang rutin atau sering misalnya di kampus, kantor, rumah, mini market, warung, Anda bisa pelan-pelan membina hubungan baik dengan orang di sekitarnya. Jika ada waktu ajak petugas parkir ngobrol, nongkrong, dan sebagainya. Kalau punya uang lebih memberi uang rokok ke petugas parkir tersebut. Tujuannya adalah agar tukang parkir menjadi kenal dan otomatis kenal juga dengan motor. Jika motor diusili orang maka dengan cepat tukang parkir akan menyadari dan menindaklanjuti dengan tegas.

16. Perbanyaklah berdoa dan beramal. Apabila kita sering berbuat baik kepada sesama, banyak berdoa kepadaNya, dan banyak beramal sedekah, Tuhan akan menlindungi milik kita dan menghindari dari musibah.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Perihal dzumanji
Tinggal di pinggiran kota Jakarta, keseharian bekerja, belajar dan menjalani hidup. "Seseorang yang tidak pernah membuat kesalahan sebenarnya tak pernah mencoba sesuatu yang baru" Einstein tak pernah takut dengan kesalahan. Tak perlu alergi dengan kesalahan. Catat baik-baik, KESALAHAN bukan KEGAGALAN. Dua hal tadi berbeda. Kesalahan-kesalahan dapat membantu Anda menjadi lebih baik, lebih cepat, lebih cerdas. "jika Anda menggunakannya dengan tepat tentunya". Carilah sesuatu berbau baru “something new“ dari kesalahan Anda. Seperti sudah dibilang sebelumnya, jika ingin sukses, belajar lebih banyak dari kesalahan Anda. Jika anda percaya sesuatu itu tidak mungkin,pikiran anda akan bekerja bagi anda untuk membuktikan mengapa hal itu tidak mungkin.akan tetapi jika anda percaya,benar-benar percaya,sesuatu dapat dilakukan,pikiran anda akan bekerja bagi anda dan membantu anda mencari jalan untuk melaksanakannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s