Belajar Komputer untuk Pemula


Komputer merupakan sebuah barang kebutuhan pokok yang keberadaannya begitu dibutuhkan saat ini. Sebagai barang yang mampu mengolah data menjadi sebuah informasi komputer sangat dibutuhkan oleh semua orang tanpa memandang usia, baik itu tua maupun muda. Komputer yang berasal dari kata computare tersebut sejak awal ditemukannya memang ditujukan untuk mempermudah pekerjaan manusia, tetapi lambat laun seiring dengan perkembangan fungsi komputer juga mengalami pergeseran dari yang semula untuk membantu pekerjaan kini beralih pada pemuasan hobby pribadi.

Sebaiknya sebelum anda memulai belajar komputer anda bertanya pada diri anda terlebih dahulu, sebenarnya apa yang membuat diri anda tertarik untuk belajar komputer, karena ilmu tentang dunia komputer cukup luas, dengan menjawab pertanyaan diatas akan membantu anda untuk belajar komputer dengan cepat. Contohnya seperti ini, mengapa anda mau belajar komputer? Jawabannya pasti beragam, seperti : karena tuntutan kerja, ingin tahu hardware komputer, bisa membuat animasi, bisa mengedit foto dengan profesional, ingin belajar jaringan komputer dan lain sebagainya.

Terkadang untuk belajar komputer kita bisa hanya dengan sekedar otodidak.  Belajar komputer yang dibutuhkan adalah berani mencoba dan tau logika. Untuk pemula semuanya butuh kesabaran dan kerja keras. Yang paling penting, tidak ada yang benar-benar susah jika kita mau berusaha.

 

Berikut ini adalah beberapa tips yang mungkin berguna bagi anda semua yang sedang belajar komputer.

Tips belajar komputer:

  1. Jangan lupa berdoa. Ini yang penting diantara hal-hal yang penting. Dengan berdoa kita bisa lebih tenang dan insyaallah apa yang ingin kita pelajaripun lancar. Dan kemungkinan mendapat bonus pahala.
  2. Bisa bahasa inggris sedikit. Karena, bahasa inggris yang dipakai di komputer agak berbeda dengan bahasa inggris yang sering dipakai.
  3. Punya komputer pribadi. Belajar komputer akan lebih mudah dan menyenangkan jika anda menggunakan komputer milik anda pribadi bukan milik orang lain. Karena dengan memiliki komputer sendiri anda akan lebih kosentrasi dalam belajar dan tidak dikejar-kejar oleh waktu. Anda juga bisa sesuka hati anda menntukan jadwal belajar komputer. Bayangkan jika anda menggunakan komputer orang lain, pastinya tidak akan sebebas seperti menggunakan komputer milik pribadi perasaan takut rusak dan lamanya waktu belajar yang anda habiskan pasti akan menghantui diri anda.
  4. Mengetahui dasar-dasar komputer. Mengetahui dasar komputer seperti halnya mengetahui cara menghidupkan, mematikan dan mengetahui cara menjalankan program yang biasa dipakai seperti, office, paint, winamp/windows. media player, biasanya setelah mempelajari semua itu, mudah untuk mempelajari program lain.
  5. Tentukan tujuan. Menetapkan tujuan anda dalam belajar komputer merupakan faktor yang sangat penting, karena tujuan dan target yang ingin anda capai selama belajar komputer lebih terarah yang mengakibatkan penguasaan anda pada dunia komputer semakin cepat. Jika tujuan atau target anda sudah tercapai, anda bisa membuat target selanjutnya.
  6. Pahami bidang yang berkaitan dengan komputer. Belajar komputer tidak bisa dicampur aduk antara bidang yang satu dengan yang lain, anda harus memilih salah satu bidang dulu untuk dipelajari, misalkan bidang desain grafis, bidang networking atau jaringan komputer, bidang hardware komputer, bidang internet dan lainnya. Jika anda memilih bidang desain grafis maka kuasai dulu semua software-software atau perangkat lunak yang digunakan di dalam dunia desain grafis.
  7. Banyak-banyak mencari informasi dari buku, internet atau orang yang lebih mengetahui dan mengerti tentang komputer,.  Yang biasanya tidak diperhatikan yaitu melihat menu help, disana kita bisa menemukan info, cara penggunaan program atau bahkan ada juga contoh-contohnya (hampir semua program terdapat menu help).
  8. Berani mencoba dan banyak mencoba. Seperti belajar berjalan, sebelumnya kita tengkurap, merangkak, lalu berdiri dan berjalan. Hal ini biasanya terjadi kalau kita belajar program, kita akan pandai program justru dari kesalahan yang sering kita buat.
  9. Sering berlatih. Belajar komputer terikat erat dengan idiom bisa karena terbiasa, ibaratkan belajar rumus-rumus eksak anda akan lebih paham dan nyambung dengan dunia komputer jika anda semakin sering berkutat dengan komputer. Gunakan waktu senggang anda untuk mengotak-atik komputer kesayangan anda, gunakan fasilitas internet untuk membantu anda dalam proses belajar komputer karena banyak sekali tips dan trik sekaligus ilmu-ilmu baru yang mungkin anda belum ketahui di internet.

 

 

Sebenarnya masih banyak lagi tips-tips yang berkaitan dengan belajar komputer, tetapi saya rasa yang paling utama dan paling penting untuk dilakukan oleh anda yang baru belajar komputer adalah hal-hal yang sudah saya sebutkan diatas.

Semoga  Tips Belajar Komputer Untuk Pemula ini bisa berguna dan bermanfaat bagi anda semua pengunjung setia blog ini. Jangan lupa untuk berkunjung kembali dilain kesempatan yang anda miliki, selamat belajar komputer dan sukses untuk anda.

 

 

 

Perihal dzumanji
Tinggal di pinggiran kota Jakarta, keseharian bekerja, belajar dan menjalani hidup. "Seseorang yang tidak pernah membuat kesalahan sebenarnya tak pernah mencoba sesuatu yang baru" Einstein tak pernah takut dengan kesalahan. Tak perlu alergi dengan kesalahan. Catat baik-baik, KESALAHAN bukan KEGAGALAN. Dua hal tadi berbeda. Kesalahan-kesalahan dapat membantu Anda menjadi lebih baik, lebih cepat, lebih cerdas. "jika Anda menggunakannya dengan tepat tentunya". Carilah sesuatu berbau baru “something new“ dari kesalahan Anda. Seperti sudah dibilang sebelumnya, jika ingin sukses, belajar lebih banyak dari kesalahan Anda. Jika anda percaya sesuatu itu tidak mungkin,pikiran anda akan bekerja bagi anda untuk membuktikan mengapa hal itu tidak mungkin.akan tetapi jika anda percaya,benar-benar percaya,sesuatu dapat dilakukan,pikiran anda akan bekerja bagi anda dan membantu anda mencari jalan untuk melaksanakannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s