Pentingnya Sikap Saling Menghargai


Dari berbagai peristiwa aku mendengar seseorang merendahkan sikap atau tindakan orang lain, membuat aku menjadi takut untuk melangkah, membuat aku menjadi takut untuk mengambil keputusan, membuat aku menjadi takut untuk bergaul secara luas. Semua ketakutanku hanyalah karena aku tidak ingin jika seseorang akan menertawakanku ketika aku salah mengambil keputusan, ketika aku salah melangkah, ketika aku salah berbicara, dan ketika pendapatku itu tidak penting. Aku menyadari jika hidup ini sebuah pelajaran yang pada akhirnya mampu membuat diriku berkembang, tetapi akibat berbagai sikap dan lingkungan yang berenergi negatif menjadikan diriku menciut dan tak mampu berkembang. Pada dasarnya aku ingin memuaskan semua orang, tetapi aku masih belum berani untuk mengambil resiko untuk mengecewakan beberapa orang.

Selain itu kekecewaanku terhadap beberapa pihak tentang bagaimana dia menyerukan agar saling menghargai tetapi pada kenyataannya dia sendiri mempunyai hati untuk menertawakan orang lain dan bersikap merendahkan sesama. Ini membuatku sakit hati, bukan sakit hati kepada mereka tetepi sakit hati pada diriku sendiri yang tak mampu menahan pikiranku untuk merespon setiap tindakkan negatif mereka dan menjadikanku bersikap negatif pula. Aku menjadi seseorang yang selalu waspada terhadap apa yang akan aku lakukan, aku selalu ingin sempurna pada setiap akhir pekerjaanku.

Banyak orang menyerukan arti pentingnya sikap saling menghargai. Saling menghargai merupakan kunci utama sebuah kehidupan yang harmonis. Satu sikap ini mampu membuat bibir dunia ini berkembang bahagia. Ketika semua merasa dihargai dan dapat menghargai orang lain, niscaya sikap kecewa dan rasa terbuang takkan tertulis di dalam memori kehidupan kita. Sering aku mendengar seseorang menertawakan orang lain karena berbuat salah. Dan meski tak ku pungkiri bahwa aku juga pernah menertawakan orang lain karena kesalahan yang dia perbuat. Tetapi aku akan selalu berusaha menghindari sikap menertawakan orang lain.

Dari sini aku mengerti arti sebuah sikap negatif yang kita lakukan yang sedikit banyaknya akan mempengaruhi orang lain.

Dan kini aku hanya ingin bersikap positif agar mereka yang melihat diriku bersikap positif pula.

Perihal dzumanji
Tinggal di pinggiran kota Jakarta, keseharian bekerja, belajar dan menjalani hidup. "Seseorang yang tidak pernah membuat kesalahan sebenarnya tak pernah mencoba sesuatu yang baru" Einstein tak pernah takut dengan kesalahan. Tak perlu alergi dengan kesalahan. Catat baik-baik, KESALAHAN bukan KEGAGALAN. Dua hal tadi berbeda. Kesalahan-kesalahan dapat membantu Anda menjadi lebih baik, lebih cepat, lebih cerdas. "jika Anda menggunakannya dengan tepat tentunya". Carilah sesuatu berbau baru “something new“ dari kesalahan Anda. Seperti sudah dibilang sebelumnya, jika ingin sukses, belajar lebih banyak dari kesalahan Anda. Jika anda percaya sesuatu itu tidak mungkin,pikiran anda akan bekerja bagi anda untuk membuktikan mengapa hal itu tidak mungkin.akan tetapi jika anda percaya,benar-benar percaya,sesuatu dapat dilakukan,pikiran anda akan bekerja bagi anda dan membantu anda mencari jalan untuk melaksanakannya.

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 2.597 pengikut lainnya.